Karakteristik Media Massa
Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik
Dosen
Pengampu: Noning Verawati, M.A
![]() |
Laurence
Lyndsey Widjaja
NPM
22711025
Ilmu
Komunikasi
Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas
Bandar Lampung
2023
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Media
massa merupakan sarana yang digunakan untuk menyampaikan dan menyebarluaskan
informasi ke khalayak. Ditambah dengan adanya
globalisasi, masyarakat menjadi ketergantungan dengan media massa sebab
informasi dan hiburan terbaru hanya bisa didapatkan dari media massa. Seiring
berkembangnya jaman, media massa juga turut berubah mengikuti alur peradaban. Media
massa yang semulanya berupa surat kabar, majalah, radio, televisi, kini
munculah media massa baru yaitu internet.
Internet
merupakan terobosan baru dalam berkomunikasi. Mudahnya pengaksesan internet
juga merupakan salah satu alasan mengapa internet banyak digemari oleh masyarakat
dalam mendapatkan juga menyebarluaskan
informasi. Adanya internet membuat surat kabar, majalah, radio dan televisi mulai
kehilangan khalayaknya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa masing-masing media
massa memiliki karakteristik yang membuatnya berbeda satu dengan yang lainnya.
1.2
Rumusan Masalah
Adapun rumusaan
masalah yang akan dibahas yaitu:
1. Apa
karakteristik surat kabar?
2. Apa
karakteristik majalah?
3. Apa
karakteristik radio?
4. Apa
karakteristik televisi?
5. Apa
karakteristik internet?
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Surat Kabar
Surat
kabar atau yang biasanya disebut dengan koran adalah media cetak yang berisikan
informasi. Surat kabar memiliki lembaran-lembaran berita. Surat kabar sendiri ringan
dan gampang dibuang. Selain itu, adapun karakteristik yang terdapat pada surat
kabar yaitu:
1. Surat
kabar dapat dibaca dimanapun dan kapanpun. Surat kabar dapat diakses oleh
kalangan manapun. Namun karena terbuat dari kertas dan tipis maka surat kabar
mudah robek, lecak, dan hilang. Pembuatan
surat kabar juga memerlukan biaya yang besar.
2. Berita
yang dimuat dalam surat kabar berisi berita komunitas, lokal, regional, nasional,
dan internasional. Pada surat kabar biasanya berisi berita, lowongan pekerjaan,
iklan, karya tulis dan lain sebagainya. Namun penyebaran informasi pada surat
kabar terbilang tertunda karena memerlukan waktu untuk menulis, menyusun,
mencetak dan juga menyebarkan surat kabar tersebut.
3. Hanya
berupa teks dan juga gambar. Karena surat kabar merupakan media cetak sehingga
penyebaran informasinya terbatas, tidak dapat berupa audio maupun video. Contohnya
dalam pengiklanan, pada surat kabar terbatas pada gambar atau teks barang dan
jasa yang di iklankan. Sehingga visualisasi pun ikut menjadi terbatas.
Dapat disimpulkan bahwa kekuatan yang
ada dalam surat kabar terdapat pada teks dan gambar, sehingga untuk menarik
khalayak untuk membaca surat kabar adalah dengan memperkuat teks dan gambar
tersebut sehingga menarik untuk dibaca dan dilihat. Oleh karena itu, sering
kita dapati pada halaman pertama surat kabar terdapat gambar dan judul besar yang
menarik. Bahasa yang digunakan juga harus dapat dimengerti oleh semua kalangan.
2.2
Majalah
Majalah
merupakan kumpulan berita,
artikel, cerita, iklan, ilustrasi, cerita pendek, dan sebagainya, yang dicetak
dalam lembaran kertas dan dijilid dalam bentuk buku. Adapun karakteristik majalah
yaitu:
1 Majalah di publikasi secara berkala biasanya
mingguan atau bulanan. Sehingga informasi yang didapat juga tertunda.
2. Berbeda dengan surat kabar yang memuat informasi
terkini, majalah memuat informasi yang bersifat menghibur.
3. Hanya
berupa teks dan gambar. Namun dalam majalah, permainan design grafis sangat mempengaruhi
minat pembacanya. Karena majalah bersifat menghibur, maka warna, gambar dan
pemilihan font sangat penting dalam majalah untuk menarik peminatnya.
4. Dikarenakan
majalah adalah media cetak yang berbentuk buku, maka penyimpanannya juga lebih
lama dan lebih mudah dari pada surat kabar. Namun majalah masih rentan robek
dan lecak. Pembuatan majalah juga memerlukan biaya yang lebih mahal dari pada
surat kabar dan harga jualnya juga terbilang jauh lebih mahal dari pada surat
kabar, sehingga majalah tidak bisa diakses oleh semua kalangan.
Di
negara Jepang, majalah masih digemari oleh masyarakatnya dikarenakan pada majalahnya
diberikan bonus hadiah jika membeli majalah tersebut. Bonus atau hadiah tersebut
dapat berupa kupon, botol minum, panci, ikat rambut, dan lain sebagainya.
2.3
Radio
Radio
merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak
dengan suara. Adapun karakteristik radio yaitu:
1. Khalayak
dapat mendengar radio tanpa dipungut biaya apapun. Namun untuk mendengarkaan
radio, setidaknya harus punya alat untuk mendengarkan radio seperti smartphone
atau radio.
2. Penyampaian
informasi berlangsung cepat.
3. Terdapat
gangguan signal.
4. Berpusat
pada audio atau suara.
5. Informasi
yang diputar dalam radio tidak bisa diulang.
Karena suara adalah sumber kekuatan
dari radio, oleh karena itu kualitas audio radio harus tinggi untuk menarik
khalayak. Permainan suara juga dapat membuat khalayak berimajinasi dengan
audio. Informasi disampaikan dengan intonasi dan pelafalan yang jelas. Serta
pemilihan bahasa yang universal sehingga informasi dapat dicerna oleh khalayak.
2.4
Televisi
Televisi
merupakkan alat yang digunakan untuk menyebarluaskan informasi dalam bentuk gambar/video
dan suara. Adapun karakteristik televisi yaitu:
1. Informasi
yang diedarkan berupa gambar dan suara. Sehingga lebih menarik untuk dilihat.
2. Penyampaian
informasi berlangsung cepat jika disampaikan dengan siaran langsung.
3. Biaya
produksi mahal.
4. Tidak
bisa mencari informasi yang ingin didapat.
5. Tidak
bisa diakses oleh semua kalangan, karena membutuhkan televisi untuk mendapatkan
informasi.
6. Tidak
bisa mengakses informasi kapanpun dan dimanapun karena memerlukan televisi
untuk bisa mendapatkan informasi.
Televisi memiliki kekuatan pada audio
dan visualnya. Pada jaman sekarang, berita dapat diakses dengan mudah dan cepat
melalui internet sehingga televisi kini lebih menjadi media sarana edukasi dan
hiburan. Oleh karena itu, untuk menarik khalayak informasi yang diberikan harus
menarik. Gambar dan audio yang ditampilkan juga harus memiliki kualitas yang
baik.
2.5
Internet
Internet
merupakan media yang digunakan untuk berkomunikasi secara global dengan
menggunakan aplikasi seperti website dan lain sebagainya. Hadirnya internet merupakan penyebab mengapa
media massa lainnya menjadi kurang peminatnya. Adapun karakteristik internet
yaitu:
1. Dapat
diakses oleh semua kalangan. Namun untuk mendapatkan informasi melalui internet,
dibutuhkan alat seperti handphone, tablet, komputer, laptop, dan lain sebagainya.
Jaringan internet di Indonesia juga belum merata penyebarannya, sehingga untuk daerah
yang sulit diakses akan kesusahan dalam mendapatkan informasi melalui internet.
2. Memerlukan
biaya untuk bisa mengakses informasi melalui internet.
3. Penyebaran
informasi berlangsung cepat.
4. Informasi
yang didapatkan bisa berisi informasi pribadi, komunitas, lokal, regional, nasional,
dan internasional.
5. Mudah
untuk mendapatkan informasi yang ingin dicari.
6. Informasi
yang diperoleh dapat berupa gambar, teks, maupun audio.
7. Dapat
mengakses informasi kapanpun dan dimanapun.
Jika dilihat, memang internet memiliki
keunggulan lebih dari pada media massa lainnya. Namun sengitnya penyebaran informasi
patut diwaspadai. Jika anda adalah seorang jurnalis, untuk dapat mampu bersaing
dengan platform berita lainnya maka anda harus sigap atau cepat dalam mempublikasi
informasi yang sesuai fakta. Terus update terhadap berita yang sedang hangat. Atau
meningkatkan kreativitas dalam menyampaikan berita, seperti membuat template yang menarik agar khalayak mau meluangkan waktunya untuk melihat
informasi yang anda publikasikan.
BAB
III
PENUTUP
1.1 Kesimpulan
Setiap media massa memiliki kekurangan
juga kelebihannya masing-masing. Namun sebagaimana kita bisa lihat bahwa internet
merupakan media massa yang memiliki terobosan kuat pada era modern ini. Cepatnya
penyebaran informasi, mudahnya pengaksesan, informasi yang didapat dapat berupa
gambar, teks, audio, ataupun video, dapat mengetahui dan menyebarkan informasi secara
global, dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Hal ini merupakan mengapa
media massa lainnya seperti surat kabar, majalah, radio, dan televisi mulai ditinggalkan
oleh khalayak. Dari karakteristik yang sudah disampaikan pada masing-masing
media massa dapat diambil hal apa saja yang perlu diperkuat untuk menarik khalayak.
1.2 Saran
Berdasarkan pembahasan yang telah dibahas, penulis ingin menyampaikan bahwa media massa memiliki karakteristiknya masing-masing. Dengan karakteristik tersebut, penulis berharap kepada pembaca agar dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk publikasi informasi di masing-masing media massa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar