Kamis, 23 Maret 2023

Karakteristik Media Massa

 

Karakteristik Media Massa

 

Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik

Dosen Pengampu: Noning Verawati, M.A

 

 



 

Laurence Lyndsey Widjaja

NPM 22711025

 

Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Bandar Lampung

2023




BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang

Media massa merupakan sarana yang digunakan untuk menyampaikan dan menyebarluaskan informasi ke khalayak. Ditambah dengan adanya globalisasi, masyarakat menjadi ketergantungan dengan media massa sebab informasi dan hiburan terbaru hanya bisa didapatkan dari media massa. Seiring berkembangnya jaman, media massa juga turut berubah mengikuti alur peradaban. Media massa yang semulanya berupa surat kabar, majalah, radio, televisi, kini munculah media massa baru yaitu internet.

 

Internet merupakan terobosan baru dalam berkomunikasi. Mudahnya pengaksesan internet juga merupakan salah satu alasan mengapa internet banyak digemari oleh masyarakat dalam mendapatkan juga menyebarluaskan informasi. Adanya internet membuat surat kabar, majalah, radio dan televisi mulai kehilangan khalayaknya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa masing-masing media massa memiliki karakteristik yang membuatnya berbeda satu dengan yang lainnya.

 

 

1.2  Rumusan Masalah

Adapun rumusaan masalah yang akan dibahas yaitu:

1.       Apa karakteristik surat kabar?

2.       Apa karakteristik majalah?

3.       Apa karakteristik radio?

4.       Apa karakteristik televisi?

5.       Apa karakteristik internet?




BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1  Surat Kabar

Surat kabar atau yang biasanya disebut dengan koran adalah media cetak yang berisikan informasi. Surat kabar memiliki lembaran-lembaran berita. Surat kabar sendiri ringan dan gampang dibuang. Selain itu, adapun karakteristik yang terdapat pada surat kabar yaitu:

1.    Surat kabar dapat dibaca dimanapun dan kapanpun. Surat kabar dapat diakses oleh kalangan manapun. Namun karena terbuat dari kertas dan tipis maka surat kabar mudah robek, lecak, dan  hilang. Pembuatan surat kabar juga memerlukan biaya yang besar.

2.     Berita yang dimuat dalam surat kabar berisi berita komunitas, lokal, regional, nasional, dan internasional. Pada surat kabar biasanya berisi berita, lowongan pekerjaan, iklan, karya tulis dan lain sebagainya. Namun penyebaran informasi pada surat kabar terbilang tertunda karena memerlukan waktu untuk menulis, menyusun, mencetak dan juga menyebarkan surat kabar tersebut.

3.  Hanya berupa teks dan juga gambar. Karena surat kabar merupakan media cetak sehingga penyebaran informasinya terbatas, tidak dapat berupa audio maupun video. Contohnya dalam pengiklanan, pada surat kabar terbatas pada gambar atau teks barang dan jasa yang di iklankan. Sehingga visualisasi pun ikut menjadi terbatas.

Dapat disimpulkan bahwa kekuatan yang ada dalam surat kabar terdapat pada teks dan gambar, sehingga untuk menarik khalayak untuk membaca surat kabar adalah dengan memperkuat teks dan gambar tersebut sehingga menarik untuk dibaca dan dilihat. Oleh karena itu, sering kita dapati pada halaman pertama surat kabar terdapat gambar dan judul besar yang menarik. Bahasa yang digunakan juga harus dapat dimengerti oleh semua kalangan.

 

2.2  Majalah

Majalah merupakan kumpulan berita, artikel, cerita, iklan, ilustrasi, cerita pendek, dan sebagainya, yang dicetak dalam lembaran kertas dan dijilid dalam bentuk buku. Adapun karakteristik majalah yaitu:

1   Majalah di publikasi secara berkala biasanya mingguan atau bulanan. Sehingga informasi yang didapat juga tertunda.

2.    Berbeda dengan surat kabar yang memuat informasi terkini, majalah memuat informasi yang bersifat menghibur.

3.     Hanya berupa teks dan gambar. Namun dalam majalah, permainan design grafis sangat mempengaruhi minat pembacanya. Karena majalah bersifat menghibur, maka warna, gambar dan pemilihan font sangat penting dalam majalah untuk menarik peminatnya.

4.      Dikarenakan majalah adalah media cetak yang berbentuk buku, maka penyimpanannya juga lebih lama dan lebih mudah dari pada surat kabar. Namun majalah masih rentan robek dan lecak. Pembuatan majalah juga memerlukan biaya yang lebih mahal dari pada surat kabar dan harga jualnya juga terbilang jauh lebih mahal dari pada surat kabar, sehingga majalah tidak bisa diakses oleh semua kalangan.

Di negara Jepang, majalah masih digemari oleh masyarakatnya dikarenakan pada majalahnya diberikan bonus hadiah jika membeli majalah tersebut. Bonus atau hadiah tersebut dapat berupa kupon, botol minum, panci, ikat rambut, dan lain sebagainya.

 

2.3  Radio

Radio merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak dengan suara. Adapun karakteristik radio yaitu:

1.      Khalayak dapat mendengar radio tanpa dipungut biaya apapun. Namun untuk mendengarkaan radio, setidaknya harus punya alat untuk mendengarkan radio seperti smartphone atau radio.

2.      Penyampaian informasi berlangsung cepat.

3.      Terdapat gangguan signal.

4.      Berpusat pada audio atau suara.

5.      Informasi yang diputar dalam radio tidak bisa diulang.

Karena suara adalah sumber kekuatan dari radio, oleh karena itu kualitas audio radio harus tinggi untuk menarik khalayak. Permainan suara juga dapat membuat khalayak berimajinasi dengan audio. Informasi disampaikan dengan intonasi dan pelafalan yang jelas. Serta pemilihan bahasa yang universal sehingga informasi dapat dicerna oleh khalayak.

 

2.4  Televisi

Televisi merupakkan alat yang digunakan untuk menyebarluaskan informasi dalam bentuk gambar/video dan suara. Adapun karakteristik televisi yaitu:

1.      Informasi yang diedarkan berupa gambar dan suara. Sehingga lebih menarik untuk dilihat.

2.      Penyampaian informasi berlangsung cepat jika disampaikan dengan siaran langsung.

3.      Biaya produksi mahal.

4.      Tidak bisa mencari informasi yang ingin didapat.

5.      Tidak bisa diakses oleh semua kalangan, karena membutuhkan televisi untuk mendapatkan informasi.

6.      Tidak bisa mengakses informasi kapanpun dan dimanapun karena memerlukan televisi untuk bisa mendapatkan informasi.

Televisi memiliki kekuatan pada audio dan visualnya. Pada jaman sekarang, berita dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui internet sehingga televisi kini lebih menjadi media sarana edukasi dan hiburan. Oleh karena itu, untuk menarik khalayak informasi yang diberikan harus menarik. Gambar dan audio yang ditampilkan juga harus memiliki kualitas yang baik.

 

2.5  Internet

Internet merupakan media yang digunakan untuk berkomunikasi secara global dengan menggunakan aplikasi seperti website dan lain sebagainya.  Hadirnya internet merupakan penyebab mengapa media massa lainnya menjadi kurang peminatnya. Adapun karakteristik internet yaitu:

1.      Dapat diakses oleh semua kalangan. Namun untuk mendapatkan informasi melalui internet, dibutuhkan alat seperti handphone, tablet, komputer, laptop, dan lain sebagainya. Jaringan internet di Indonesia juga belum merata penyebarannya, sehingga untuk daerah yang sulit diakses akan kesusahan dalam mendapatkan informasi melalui internet.

2.      Memerlukan biaya untuk bisa mengakses informasi melalui internet.

3.      Penyebaran informasi berlangsung cepat.

4.      Informasi yang didapatkan bisa berisi informasi pribadi, komunitas, lokal, regional, nasional, dan internasional.

5.      Mudah untuk mendapatkan informasi yang ingin dicari.

6.      Informasi yang diperoleh dapat berupa gambar, teks, maupun audio.

7.      Dapat mengakses informasi kapanpun dan dimanapun.

Jika dilihat, memang internet memiliki keunggulan lebih dari pada media massa lainnya. Namun sengitnya penyebaran informasi patut diwaspadai. Jika anda adalah seorang jurnalis, untuk dapat mampu bersaing dengan platform berita lainnya maka anda harus sigap atau cepat dalam mempublikasi informasi yang sesuai fakta. Terus update terhadap berita yang sedang hangat. Atau meningkatkan kreativitas dalam menyampaikan berita, seperti membuat template yang menarik agar khalayak mau meluangkan waktunya untuk melihat informasi yang anda publikasikan.




BAB III

PENUTUP

 

1.1  Kesimpulan

Setiap media massa memiliki kekurangan juga kelebihannya masing-masing. Namun sebagaimana kita bisa lihat bahwa internet merupakan media massa yang memiliki terobosan kuat pada era modern ini. Cepatnya penyebaran informasi, mudahnya pengaksesan, informasi yang didapat dapat berupa gambar, teks, audio, ataupun video, dapat mengetahui dan menyebarkan informasi secara global, dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Hal ini merupakan mengapa media massa lainnya seperti surat kabar, majalah, radio, dan televisi mulai ditinggalkan oleh khalayak. Dari karakteristik yang sudah disampaikan pada masing-masing media massa dapat diambil hal apa saja yang perlu diperkuat untuk menarik khalayak.

 

 

1.2  Saran

Berdasarkan pembahasan yang telah dibahas, penulis ingin menyampaikan bahwa media massa memiliki karakteristiknya masing-masing. Dengan karakteristik tersebut, penulis berharap kepada pembaca agar dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk publikasi informasi di masing-masing media massa.








Pdf.karakteristik media massa






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 Alasan Pentingnya Personal Branding

Di era digital yang semakin kompetitif, memiliki keahlian saja tidak cukup untuk menonjol di dunia kerja. Salah satu aspek yang sering diaba...